--

2019

--

1. Komentar Jahat dan Hate Speech Netizen Akan Selalu Ada

Artikel ini didasari oleh satu pertanyaan: Kenapa sih internet kayaknya makin lama makin toxic? Kenapa sih netizen makin lama makin kagak jelas? Kenapa politik semakin lama semakin memuakkan, tapi orang-orang makin banyak nyebar postingan kagak jelas? Ya, ternyata bukan satu pertanyaan, tapi banyak. Mari kita kupas di sini.

2. Review Buku Rekomendasi dari Evan: Bulan Maret 2019

Di sini gua mencoba untuk me-review buku yang gua baca pada bulan Maret 2019. Mulai dari buku startup, sejarah dan perkembangan politik negara, buku self-help, dan juga berbagai buku non-fiksi. Bisa dibaca kalo lo butuh inspirasi bacaan baru.

3. Cara Mengingat Hidup Kita dengan Lebih Baik

Dalam puluhan tahun total waktu hidup. Seberapa banyak sih kita ingat dengan momen-momen yang terjadi dalam hidup kita? Apakah lo ingat kejadian pada tanggal 8 Agustus 2018? 6 Januari 2017? Artikel ini akan membantu lo untuk mengingat hidup lo dengan lebih baik.

4. Cara Mendapatkan Wanita (untuk Pria yang Bingung)

Ini artikel yang akan membahas cara mendapatkan hati wanita. Menariknya, justru cara paling ampuh untuk mendapatkan wanita adalah dengan tidak mencoba untuk mendapatkan wanita. Penasaran gimana?

5. Self-Harm Terselubung (dan Cara Menanggulanginya)

Menurut teori Psikologi, manusia itu sebetulnya memiliki kecenderungan untuk menyakiti dirinya sendiri. Dan bisa jadi, lo juga sampai sekarang sering menyakiti diri lo sendiri tanpa lo sadari. Baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut tentang self-harm yang lo lakukan selama ini.

6. Pengalaman Konsultasi ke Psikolog: How to Be Vulnerable

Di artikel ini gua menceritakan tentang pengalaman gua pertama kali konsultasi dengan psikolog. Konsultasi psikologi bukanlah hal yang gua rencanakan untuk lakukan. Tapi karena waktu itu gua kena Tsunami di Anyer dan kebetulan konsultasinya gratis, why not?

7. Panduan Lengkap Memulai Gaya Hidup Minimalis (dalam Sebulan)

Ini adalah artikel panjang dan komprehensif pertama gua. Jumlahnya hampir 10.000 kata. Di sini gua ngejelasin semua tentang gaya hidup minimalis. Mulai dari sejarah, pengertian, prinsip, filosofi, cara memulainya, dan juga resources serta bahan bacaan.

8. Kenapa Lo Gak Akan Pernah Bisa Mencapai Cita-cita Lo

Ini adalah artikel ngehe gua yang mencoba menampar diri gua sendiri. Idenya banyak terinspirasi dari video Alex Becker dan tulisan Mark Manson. Di tulisan ini gua sadar bahwa sebetulnya ada pendekatan yang salah dari hidup gua. Cara gua mencapai tujuan serta mimpi gua juga salah besar. Inti dari tulisan ini sih: "Lo gak akan bisa berhasil kalo cara dan mindset yang lo pake itu masih cara lo yang biasa".

--

2018  

--

1. Apakah Kamu Bahagia? - Part 2

Ini adalah artikel refleksi kedua gua tentang kebahagiaan. Idenya banyak terinspirasi dari tulisan Edward Suhadi. Di sini gua ngomongin tentang ide bahwa kebahagiaan tuh gak akan bisa di-achieve kalo kita hidup enak doang. Perlu sedikit suffer, challenge, dan kesedihan untuk mencapai kebahagian yang hqq. Ashiap~ Baca deh.

2. Jangan Takut Dibenci

Di tulisan ini gua ngebahas tentang kebencian. Bahwa orang yang dibenci itu sebenernya bukan orang-orang jahat. Tapi justru pemikir progresif yang bisa jadi, akan membangun dunia dengan lebih baik. Albert Einstein, Steve Jobs, dsb. Intinya, jangan takut dibenci. Idenya terinspirasi dari videonya Veritasium 2.

3. Anggapan yang Salah Tentang Kesuksesan

Di tulisan ini, gua ngebahas tentang peran privillege dan 'invisible work' dalam memengaruhi kesuksesan. Kesuksesan itu bukan hasil dari luck dan viral works doang, tapi dari invisible work yang kita lakukan selama bertahun-tahun. Jangan ngimpi sukses kalo gak kerja, cuk.

--

2017

-- 

1. "Kamu Semester Ini Gak Usah Kuliah Lagi"

Di tulisan ini, gua curhat tentang kondisi hidup gua yang waktu itu lagi di ambang bawah. Waktu itu gua dipanggil ke ruangan Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan dan diberikan informasi bahwa gua gak bisa kuliah lagi semester itu karena masalah biaya kuliah. Sebuah informasi yang harusnya tidak muncul dari manajer "pendidikan", of course (tapi jadi manajer pendidikan gak otomatis bikin seseorang jadi terdidik sih).

2. Jadwal Kuliah Pengganti Dadakan dan Hak Atas Kota

Di tulisan ini gua mengkritik dosen gua yang mengganti jadwal kuliah seenaknya. Tulisannya sempat viral di Selasar. Dan gua baru tahu bahwa dosen yang gua kritik itu... adalah istri Foundernya Selasar (Miftah Sabri). Bngsd. Tapi dia mengapresiasi tulisan ini dan membahasnya di kelas gua. Dia pun meminta maaf dan mengevaluasi diri. Well, mengkritik dosen bukan tujuan awal dari menulis tulisan ini, tapi ternyata... it works?

--

2016

-- 

1. Cara agar menjadi lebih produktif: Hukum produksi & konsumsi

2. Jangan Bacot: keep your 'goals' to yourself 

3.  Kenapa gue unfollow dan block 95% dari temen gue di media sosial