Kali ini gua akan membahas SEMUA hal tentang gaya hidup minimalis. Ya, mulai dari sejarah, latar belakang dan alasan kenapa lo perlu untuk mengetahui gaya hidup minimalis. Lalu gua akan ngebahas tentang pengertian dan definisinya (apa itu gaya hidup minimalis). Dan setelah itu, gua akan bahas tentang panduan lengkap, tips dan trik, sekaligus tata cara bagaimana memulai gaya hidup ini. 


---

Panduan di tulisan kali ini akan sangat komprehensif. Gua akan menjelaskan tata cara memulai hidup minimalis dari awal sampai akhir. Jadi, dalam waktu sebulan, harusnya lo udah bisa menguasai kemampuan yang diperlukan untuk menjalani gaya hidup minimalis.

Terakhir, gua akan membagikan juga resources berupa .pdf, excel sheets, sekaligus review buku dan tulisan yang menurut gua bisa lo baca buat nambah pengetahuan tentang gaya hidup minimalis ini. Intinya bahan bacaan dan tontonan lanjutan lah buat lo. Gitu.

Yap, seperti yang sudah lo duga. Tulisan kali ini bakal PANJANG dan BANYAK banget. Bahkan sebenernya bisa dibikin jadi buku lol. Tapi ya karena gua baik (dan karena gua juga yakin sih, kalo jadi buku pun, gak bakal ada yang beli wkwk), gua bakal bagiin konten ini gratis buat lo semua. Ya, gratis!

Dan gua janji, artikel gua kali ini akan jadi artikel yang bener-bener berkualitas. No bullshit lah pokoknya, dan harus berguna. Itu prinsip gua pas bikin artikel ini. Oke, tanpa basa-basi lagi, let’s get started!
Kenapa Lo Harus Mempertimbangkan untuk Memulai Gaya Hidup Minimalis?
Ya, pertama-tama adalah lo harus tahu why lo. Kenapa sih lo, gua, dan kita semua harus mempertimbangkan untuk memulai gaya hidup minimalis? Kenapa sih gua harus ribet-ribet nulis ini? Oke, gua bakal jelasin 3 alasan kenapa lo patut untuk mempertimbangkan gaya hidup ini untuk jadi gaya hidup yang lo anut. Kita mulai ya
1.   Kebanyakan orang kaya dan pintar adalah orang yang minimalis (MENURUT GUA). 
Ini alasan pertama. Kenapa orang kaya (dan pinter) adalah orang yang minimalis? Mungkin ini agak berlawanan dengan pandangan umum. Tapi menurut gua, untuk jadi minimalis yang “bener”, justru kita bukan menjadi “miskin”. Miskin di sini maksudnya punya barang sedikit, punya duit secukupnya, dsb., tapi justru kita harus menjadi kaya.

Karena untuk jadi minimalis, kita butuh power dan kekayaan. Percaya sama gua, gua ulangi sekali lagi nih: Untuk jadi minimalis yang bener, kita butuh untuk jadi orang yang powerful dan kaya.

Gini, gua kasih contoh. Pernah gak sih lo ngeliat mahasiswa baru yang baru banget pindah ngekost dari rumahnya, dan si mahasiswa ini ngebawa barang dari rumahnya banyak banget? Maksud gua banyak banget tuh sampe harus pake pickup gitu pas mau pindah ke kost. Sampe bawa piring, gelas, dispenser, lemari, semuanya dah.

Gua yakin lo pernah liat orang yang kaya gitu. Bahkan, jangan-jangan mungkin lo adalah orang kayak gitu? Well, sebenernya banyak banget orang yang kayak gini (gua juga btw).

Tapi lo tahu gak? Hal yang lo lakukan tersebut adalah tanda bahwa lo miskin (atau kurang pinter). Karena bawa banyak banget barang itu bukan cuman akan bikin lo ribet pas ngeberesinnya, tapi juga akan bikin lo ribet ribet pas lo lagi ngebawanya juga. Belum lagi membawa banyak barang akan memakan biaya yang mahal di transportasinya. Belum lagi nanti ada beban mental juga. Ada lagi beban fisik juga karena lo akan ngebersihin dan ngerapihin lebih banyak barang. Dan banyak lagi lah pokoknya negatif-negatifnya.

Kalo gua adalah orang kaya, pas pindah dari rumah untuk ngekost, gua cuman akan bawa barang-barang esensial doang. Mungkin gua cuma akan bawa Macbook Pro gua, iPad Pro, iPhone beserta seluruh charger-nya, dan bawa dompet. Yep, gua cuma akan bawa barang-barang itu doang.

Kenapa bawa itu doang? Karena ya semuanya bisa gua tinggalin. Lemari? Gak perlu, udah ada di kostnya. Baju? Gampang, tinggal beli lagi, online shop banyak. Alat mandi? Bisa gua beli pas udah di tempat atau pas dalam perjalanan, Alfamart dan Indomaret udah ada di mana-mana kok. Dispenser, meja, dan sebagainya? Ya tinggal beli aja, online shop sekarang bisa sehari langsung kirim bahkan.

Ya, gua gak akan buang-buang waktu untuk bawa barang banyak banget. Belum lagi abis itu gua harus ngerapihin lagi, abis itu ntar ribet lagi bersihinnya. Ngapain anjir.



Mendingan gua bawa beberapa barang yang gua perlu, lalu sisanya gua Gojek-in dan gua beli barang-barang yang emang beneran gua butuhin di Tokopedia/Bukalapak. Abis itu gua tinggal nyuruh Go-Clean buat bersihin dan rapihin kamar gua.

“Lah, barang-barang lain emang beneran gak akan lo bawa?”

Jawaban dari pertanyaannya, nggak, gua gak bakal bawa barang-barang lain selain barang esensial gua. Karena kalo pun butuh, gua tinggal beli tanpa harus bawa barang-barang dari rumah gua. Sekarang tuh zaman udah canggih, ngapain ribet-ribet bawa barang banyak?

Approach minimalis kayak gitu enak kan? Simpel, efektif, dan efisien.

Tapi itu hanya bisa dilakukan... kalo kita kaya. Kalo kita semua kaya mungkin enak ya. Gak usah mikir lagi untuk beli barang. Mau ke mana-mana yaudah cuman bawa beberapa barang aja dan satu dompet.

Kalo kita sobat misqueen (orang miskin) gimana? Ya emang harus kayak gitu sih, kita harus bawa barang banyak. Ya… mau gimana? Kalo miskin kan gak punya duit buat beli barang-barang baru atau nyewa kostan yang memang udah lengkap fasilitas dan barang-barangnya. Akhirnya terpaksa harus bawa barang banyak.

Gua juga sobat misqueen. Dan jujur, pas pertama pindah dari rumah ke kost, barang yang gua bawa banyak banget. Karena gua gak punya duit buat beli barang baru, dan gua emang ngerasa butuh barang-barangnya (meskipun pada akhirnya banyak yang gak gua pake dan bikin gua jadi ribet juga sih pada akhirnya).

Btw, lo bisa tonton video ini nih buat tahu cerita hidup minimalis gua



Mungkin saat ini lo bertanya-tanya lagi...
 
"Tapi... kalo lo kaya, lo emang gak akan bawa barang yang sentimental gitu buat lo? Kayak yang ada kenangannya atau foto-foto gitu"

Well, mungkin gua akan bawa, tapi kalaupun gua bawa, barang gua mungkin paling banyak tuh cuman satu backpack aja. Balik lagi, kalo gua kaya tuh semua hal akan bisa gua beli. Jadi ngapain ribet? Dan barang-barang sentimental (kayak surat, hadiah dari temen/pacar, dan banyak hal lagi) ini bisa kita digitalisasi sebenernya. Ya, digitalisasi ini salah satu metode minimalis yang akan gua jelasin nanti di chapter setelah ini.

Begitulah alasan pertama kenapa lo dan gua perlu gaya hidup ini. Intinya sih biar gak ribet aja.

Karena gini, gua bukanlah tipe orang yang stressed out ketika gua punya banyak barang. Narasi yang gua bawa tentang gaya hidup minimalis ini bukan kayak banyak orang di luar sana yang mempromosikan gaya hidup minimalis pada umumnya.

Gua adalah tipe orang yang punya banyak barang dan suka punya banyak barang, tapi tetep minimalis. Cuman gua bukan tipe minimalis yang ngebuang kebanyakan barangnya. Gua gak suka aja bawa-bawa banyak barang for the sake of emang berat dan ribet aja gitu kalo barang gua banyak. Belum lagi ribet ngurus barangnya, sesimpel itu aja.

Gua jadi minimalis ya karena alasan praktis, karena gua pragmatis.

Contoh lain lagi nih. Kalo gua adalah orang kaya, gua tuh kalo ke kafe dan mau nugas mungkin gak akan kayak sekarang, bawa barang banyak banget. Harus bawa laptop lah, udah itu charger, dan mouse. Abis itu gua naek motor kan, jadi harus bawa jas hujan, payung, dsb.

Kalo kaya, gua harusnya cuman akan bawa Macbook Pro gua, gak akan bawa charger bahkan. Kenapa? Ya karena batrenya udah cukup memadai untuk berjam-jam gua nongkrong. Barang-barang lain, kayak payung gitu-gitu? Gak perlu, toh gua bisa beli payungnya atau nyuruh orang buat jemput gua dan mayungin gua, simpel.

Bahkan kalo bisa, gua ke kafenya tuh naek taxi Alphard. Dan gua mungkin akan nyewa pembantu personal buat nganterin gua dari kafe ke parkiran (maupun sebaliknya) kalo hujan.

Apakah kalo gua kaya gua akan punya mobil? Jawabannya, kemungkinan besar nggak. Ya ngapain? Sekarang tuh udah banyak penyewaan mobil. GoCar dan GrabCar udah di mana-mana. Kalo gua beli mobil, nanti gua ribet lagi lah harus ngurus STNK, bikin SIM A, belum lagi bayar pajaknya (yang mencapai kocek jutaan setiap tahunnya).

Mendingan gua nyewa, paling cuman beda dikit bayar mobil sewaan dibandingkan beli mobil yang harus bayar pajak lagi, maintenance lagi, bensin lagi, mana mobilnya mungkin bakal jarang gua pake pula, belum lagi ribet kalo kena tilang atau kecelakaan.

Nih ya, kalo lo itung-itung, jangan-jangan lebih murah kita nyewa dibandingkan kita beli suatu barang (motor, mobil, rumah, dsb.). Terutama kalo barang itu akan jarang kita pake atau gak akan kita pake secara reguler day-to-day.

Gua yakin mindset kayak gini gak bakal bisa dimengerti dengan mudah oleh semua “sobat misqueen” kayak kita.

Kenapa? Karena ya kita miskin dan/atau kurang pinter! Kita gak bakal mikir bahwa beli rumah, motor, mobil, dan semua barang yang kita anggap aset itu ternyata membebani hidup kita. Not in a ‘mental health’ way ya, gua gak ngomongin bahwa kita stress (secara kesehatan mental) gara-gara itu. Gua di sini masih ngomongin tentang hal yang praktis dan teknis.

Gua ngomongin tentang pajak yang harus lo bayar, waktu yang lo abisin untuk ngebersihin barang-barang (atau rumah) itu, belum lagi biaya perawatan, dan berbagai keribetan lainnya.

Beli rumah, motor, mobil, hape dan semua barang-barang yang kita anggap aset? Well, turns out ternyata malah bikin kita ribet, baik secara finansial, fisik, maupun mental. Jangan-jangan, barang itu bukan aset, tapi beban.



Alasan pertama ini sebenernya adalah alasan utama kenapa dulu gua memutuskan untuk jadi minimalis. Dan sekarang gua pengen ngajak lo semua menganut gaya hidup minimalis. Because it’s fucking simple. Banyak keuntungan praktisnya. Dan kalo kita beruntung, stress level kita jadi berkurang juga. Kita akan jadi lebih bahagia.

Makannya, setelah lo baca ini harusnya lo bisa evaluasi diri. Biar next time lo melakukan sesuatu, lo tuh gak memperibet diri lo sendiri. Nih gua kasih contoh-contohnya:

Contoh Pertama: Liburan
Kalo lo kaya dan pinter. Kalo liburan, mungkin lo gak akan bawa tas. Lo cuma akan bawa barang-barang yang lo butuhkan, karena semuanya bisa dibeli saat di tempat tujuan. Kecuali kalo lo liburan ke tempat terpencil gitu sih kayak gunung.

Kebanyakan orang tuh kalo liburan suka ribet, bawa air mineral lah, bawa bekel makan, bawa minuman sachet, bawa snack. Anjir kalo gua jadi mereka, gua akan beli itu semua di perjalanan. Air mineral? Banyak coi di manapun pasti ada, bahkan sekarang di gunung pun ada warung.

Ya, gua tuh sering maen ke gunung dan…. SEKARANG BANYAK WARKOP DAN TEMPAT MAKAN COY. Bahkan kalo ke gunung Papandayan, sekarang lu pake stelan pergi ke mall aja gua yakin lo bisa survive (just kidding, jangan melakukan itu plis. meskipun emang beneran bisa sih).


Oke, back to the topic. Intinya semua barang yang seringkali dibawa kayak bekel makan, snack, dan minuman sachet? Beli aja semuanya di jalan.

Ini adalah kesalahan banyak orang. Kayak, kalo sesuatu itu murah dan bisa dibeli di jalan, ngapain lo bawa banyak-banyak pas lo liburan? Well, pengecualian kalo emang barangnya gak available buat dibeli ya.

Contoh Kedua: Pergi Kuliah ke Kampus
Kalo lo kaya dan pinter. Kalo ke kampus, lo gak akan tuh bawa tas yang berat banget. Lo mungkin cuman akan bawa iPad Pro. Kenapa? Ya karena semua ebook bisa lo beli dari sana. Dan lo bisa nyoret-nyoret ebooknya untuk nyatet.

Kalo gak suka ebook dan nyatet di iPad? Ya lo paling cuman bawa 2 buku dan 1 pulpen. Tapi ya kalo gua kaya sih ya gua cuman bawa iPad doang dan yaudah. Kuliah tuh gak perlu bawa tas sama sekali (yang sebenernya udah gua lakukan sih karena gua cuman bawa 2 kertas doang biasanya).

Contoh Ketiga: Belanja
Kalo lo kaya dan pinter, kalo lo butuh untuk belanja ke supermarket, lo gak akan ke supermarket. Lo akan pake GoMart atau AlfaCart via internet, klik barang yang lo butuhin, dan tunggu barang itu nyampe. Udah, simpel.

Ya kecuali kalo lo kayak gua. Gua tuh orangnya suka banget milih barang, belanja, dan jalan-jalan di supermarket. Ini masih gua lakukan karena gua suka, meskipun gua jadi orang kaya nanti.

"Btw, semua yang lo bilang itu kan 'PREFERENSI' Van. Terserah gua dong kalo mau kayak gitu!"

Iya semua yang gua contohin emang masalah preferensi doang sih. Gua sadar bahwa gua gak bisa gua nyebut orang 'bodoh' atau 'pinter' karena masalah preferensi doang. Tapi kalo lo open-minded pas baca tulisan gua, harusnya lo bisa dapet poin dari keseluruhan tulisannya.

Gua kasih tahu deh. Gini, poin dari semua contoh ini adalah: Kalo mindset lo udah kaya dan pinter, harusnya secara otomatis lo bakal pake gaya hidup minimalis. Atau seenggaknya pake beberapa prinsip ini di kehidupan lo. Karena ya.... Itulah yang sewajarnya orang kaya lakukan.

Dan bukan berarti ini jadi peraturan yang baku gitu. Kayak “Kalo lo kaya, lo gak boleh ke supermarket”, atau “Kalo lo kaya, lo gak akan beli mobil”, atau “Kalo lo pinter, lo X, Y, dan Z”.

Nggak, bukan itu! Tapi masalah mindsetnya. Paham kan poin yang mau gua sampaikan? Jadi plis abis baca tulisan gua ini jangan jadi baper kayak: “Anjir lo Van, lo ngatain gua bodoh?” atau “Ya terserah gua dong blablabal”.

Nggak anjir, pokoknya pas baca tulisan gua, jangan sampe lo bacanya secara dangkal dan jadinya salah nangkep apa maksud gua yang sebenernya. Lo harus liat lagi bigger picture dan maksud sebenernya dari tulisan gua itu apa.

Kalo alasan kenapa di tulisan gua pake wording yang mungkin agak ngehe dan menohok ya emang biar lo baca tulisan gua sampe abis. Biar gak boring kayak lo baca blog atau tulisan lain. Gitu.

"Hmm, okedeh Van. Btw, kalo gaya hidup minimalis itu buat orang kaya?
Terus gimana dengan gua yang sobat misqueen ini, Van?"

Nah, tenang. Gua juga sobat misqueen kok. Tadi gua nyebut-nyebut iPad Pro, Macbook, dsb. Dan gua juga menyebutkan tentang gak beli mobil, dsb. Gua juga gak kaya dan gak punya barang-barang yang gua sebutin tadi. Bahkan, gua rasa gua tuh kemungkinan besar ada di kondisi yang lebih miskin daripada lo semua pas gua lagi nulis tulisan ini.

Pertanyaannya bagus sih, dan bisa langsung gua jawab. Yang gua suka dari minimalism adalah bahwa pandangan ini juga friendly buat sobat-sobat misqueen kayak kita. Gua akan jelasin di next section. Lanjut ya!
2. Gaya Hidup Minimalis itu… Murah. Dan Berguna untuk Orang yang Gak Kaya (baca: Sobat Misqueen)
Yap, kalo tadi kita ngomongin tentang gaya hidup minimalis yang ideal, yang memerlukan power and money. Sekarang kita masuk ke realita kita saat ini sebagai sobat misqueen.

Gaya hidup minimalis adalah gaya hidup yang murah dan friendly buat semua orang. Kenapa? Karena dalam gaya hidup ini, kita coba menghilangkan semua hal yang gak penting, dan fokus pada kebutuhan = needs kita. Dan ketika kita bisa menghilangkan hal yang gak penting, kita akan sadar bahwa untuk hidup hepi dan nyaman, ternyata gak perlu mahal. Ya, gak perlu uang banyak kok untuk jadi hepi.

Oke, kita ngomongin needs dulu ya. Needs manusia apa sih? Lo bisa coba lihat gambar di bawah:





Level 1: Basic Needs
  • Sandang
  • Pangan
  • Papan

Need 2: Security
  • Physical security: Besok lo masih punya sandang, pangan dan papan gak? Bisa makan gak sampe 1 bulan ke depan?
  • Emotional security: Lo sehat mental gak? Punya gangguan jiwa atau nggak?

Need 3: Relationship
  • Cinta dan romansa
  • Sahabat
  • Keluarga

Need 4: Self-esteem

Need 5: Aktualisasi Diri

Yap, itulah kebutuhan-kebutuhan kita sebagai manusia. Dan kalo lo sedang baca ini, gua yakin lo udah memenuhi needs level 1 dan 2 lo. Tebakan gua, harusnya 95%% dari orang yang baca blog gua udah hatam lah di level 1 dan 2. Otherwise, you wouldn’t be here. Bahkan gua yakin, 50% dari lo semua yang baca ini udah nyampe ke level yang ke-4 (atau seenggaknya pernah nyampe level 4).

Kebanyakan dari lo pasti punya temen dan sahabat, atau bahkan pacar. Dan gua pun yakin bahwa lo pasti punya sesuatu yang bisa dibanggakan (level 4: self-esteem). Ya kalo lo disuruh bikin CV, at least lo pernah ada pencapaian gitu, at some points in your life.

Hal yang menarik dari needs ini adalah fakta bahwa kita tuh sebenernya udah bisa hidup nyaman CUMAN dengan memenuhi needs level 1, 2, dan 3. Dan gua yakin, 75% dari lo udah seenggaknya nyampe lah ke level 3, meskipun mungkin kadang bermasalah di level tersebut. Tapi ya seenggaknya lo punya temen kan? (bisa jadi enggak sih, tapi ya mayoritas pasti punya lah)

Dari sana udah keliatan sebenernya. Lo bisa mulai identifikasi, needs lo itu apa. Menurut gua, basic needs gua dan lo semua sebenernya simpel. Kita bisa hidup hepi dan nyaman (to an extent) cuman dengan 3 needs itu.

Gua contohin ya analisis needs gua. Setelah berefleksi dan menganalisis diri, gua sadar bahwa yang gua butuhkan untuk hidup hepi tuh cuman beberapa hal ini:
  • Makan yang cukup: Ya gak perlu mewah dan gak terlalu enak pun gak apa-apa. Bahkan makan warteg juga gua udah puas banget sumpah. (serius sih, jujur gua lebih suka warteg daripada fastfood, karena murah dan sehat huohoho) (level 1 dan 2)
  • Punya tempat tinggal dan baju yang bisa gua pake (level 1 dan 2)
  • Punya temen buat nongkrong (dan kalo beruntung, punya pacar/cewek untuk jadi ‘orang spesial’ gua) (level 3)
Udah sih, hidup gua akan hepi dan nyaman cuman dengan hal-hal tersebut. Dan gua yakin banyak banget orang di dunia yang bisa nyaman cuman dengan hal-hal itu doang. Mungkin lo juga.

Nah dari needs itu, ya lo tinggal kasih angka. Masukin ke tabel. Kasih harga di tiap needsnya:

Dan setelah lo ngasih angka, tanpa lo sadari, lo akan merasa bahwa lo kaya. Nih contoh essentials gua. 

Yap, ini adalah salah satu langkah memulai hidup minimalis. Nanti komprehensifnya gua bakal bahas di bawah sih, tapi u get the point lah ya? Hidup minimalis tuh enak dan murah. Dan hal yang penting adalah: Kita udah bisa sadar dan tahu basic needs kita itu apa. 

Bahkan, cost di atas itu bisa direduksi lagi, misal nongkrongnya dikurangi, pacarannya dimurahin, apalagi kalo tinggal di rumah orang tua, kayanya bisa lebih murah lagi karena gak ada biaya makan dan kost. Lo tinggal kurangi hal-hal itu sesuai budget lo. 

Tapi gini, lagi-lagi, untuk merasakan hidup minimalis yang beneran mantap. Ya kayak yang udah gua bilang di poin pertama. Mendingan lo jadi orang kaya. Itu akan menyelesaikan banyak permasalahan lo di dunia.

Cuman lo juga jangan berhenti bersyukur. Inget juga bahwa harga buat lo bisa hidup enak dan nyaman ternyata gak mahal-mahal banget. Kayak gua. Hidup nyaman dan enak gua cuman butuh 3 hal itu doang, dan… why stress? Sobat misqueen bisa jadi bukanlah sobat depresi. Kita bisa jadi lebih bahagia lho daripada orang-orang kaya di luar sana. Gitu sih intinya.

Ini adalah alasan kedua kenapa gua mendukung gaya hidup ini. Sesimpel karena gaya hidup ini membuat gua bersyukur dan sadar, bahwa hidup nyaman dan bahagia itu sebenernya gak usah aneh-aneh, cukup sampe needs level 3 doang aja. Dan untuk nyampe ke level 3, hidup kita gak perlu mahal. Itu sih, kesadaran tentang hal itu yang membuat gua merasa hidup minimalis ini keren.
3. Gaya Hidup Minimalis Bisa Meningkatkan Produktivitas Lo
Terakhir adalah ini. Alasan ketiga ini khusus buat lo yang pengen nyampe ke needs level 4. Ya, mungkin hidup hepi dan nyaman bisa diraih cuman dengan memenuhi needs sampe level 3 doang. Tapi apakah itu cukup? Kalo menurut gua, nggak.


Sebagai anak muda Indonesia (mantap), gua tuh ngerasa kalo gua tuh perlu kontribusi lebih buat Indonesia. Dan gua juga pengen meninggalkan jejak yang baik. Atau dengan kata lain, legacy yang baik lah buat Indonesia (ini needs level 4 dan 5 btw). 

Gua pengen menciptakan hal yang bisa meninggalkan manfaat terus-terusan, sampe gua meninggal nanti. Jadi pas gua mati, my legacy live on, dan terus memberikan manfaatnya.

Sebenernya hampir sama kayak konsep wakaf kalo dalam Islam, yaitu lo memberikan tanah/properti yang lo punya untuk diberikan menjadi kepentingan masyarakat. Kalo dalam Islam contoh umumnya mungkin bikin pesantren atau masjid. Kalo bikin masjid, lo mati juga gedungnya tetep ada, kan? Dan orang-orang bisa shalat di sana. Sedekah dan pahala lo gak berhenti pas lo mati.

Nah kalau cara pada umumnya kayak gitu, kalo cara gua sedikit beda. Approach gua untuk meninggalkan legacy gua adalah: Dengan menulis dan menyebarkannya ke masyarakat. Ke orang-orang kayak lo, supaya bisa mengubah paradigma lo menjadi lebih baik. Karena tulisan ini live on, sampe gua mati. Dan jejak tulisan gua di internet akan selalu ada.

Intinya sih gitu, itu needs level 4 gua. Gua pengen membuktikan ke diri gua dan orang lain bahwa diri gua bisa (ya, ini needs self-esteem). Untuk mencapai itu, tentu gua harus produktif. Gua harus menciptakan tulisan-tulisan yang berkualitas. Menciptakan konten-konten yang beneran bisa mengubah paradigma orang banyak. Tentu itu butuh strategi, dan menurut gua: Menjadi minimalis adalah salah satu strateginya.

Mungkin lo punya tujuan beda. Mungkin lo pengen jadi kaya. Mungkin lo pengen jadi CEO, dan membangun perusahaan. Mungkin lo pengen keliling dunia? Apa pun itu, menurut gua, gaya hidup minimalis ini bisa membantu lo, banget.

Menjadi minimalis akan membuat lo fokus pada hal yang esensial. Fokus pada hal-hal yang penting. Contrary to popular belief, menurut gua menjadi minimalis bukan berarti lo keluar dari pekerjaan lo dan gak berkontribusi banyak (kayak di artikel ini). Nggak anjir! Justru menjadi minimalis akan membuat kita produktif. Here is why.

  • Membuang hal yang gak penting dan menentukan prioritas 
Gini, ketika lo udah menentukan needs lo, kayak yang tadi kita lakukan di atas. Dan ketika lo juga udah menentukan hal yang gak esensial. Ya lo akan bisa menghilangkan semua distraksi-distraksi itu. Lo akan bisa membuang hal yang sebenernya gak penting-penting amat.

Dan semenjak menjadi seorang minimalis, gua melakukan itu. Gua berhenti ngeliat sosmed orang, karena ternyata gua ngeliat sosmed tuh bisa sampe dua jam sehari. 

Setelah gua menghilangkan distraksi itu dan menentukan prioritas, ternyata gua bisa jadi lebih produktif untuk nulis dan juga bikin video (ya, kerjaan fulltime gua pas lagi nulis ini adalah bikin video di Zenius Education dan buat startup gua sendiri).

Gua juga berhenti melakukan banyak hal-hal lain yang gak penting. Gua mulai bikin rutinitas. Fokus ke hal-hal yang esensial. Dan banyak lagi. Semuanya bikin gua lebih produktif sih so far. You should too.

---

Yap, begitulah 3 alasan dan urgensi kenapa lo perlu gaya hidup ini. Kalo gua rangkum lagi, kita udah ngebahas 3 hal
  • Pertama, kita udah tahu bahwa kebanyakan orang kaya dan pintar adalah orang yang minimalis. Dan menjadi minimalis bukan berarti menjadi miskin. Tapi justru menjadi minimalis adalah menjadi kaya dan pintar.
  • Kedua, kita udah tahu bahwa hidup minimalis itu akan membuat kita sadar bahwa hidup nyaman dan enak itu gak perlu banyak hal ribet. Dan untuk hidup enak tuh gak perlu mahal. Ini awareness yang penting dan bakal ngebantu kita dalam hidup
  • Ketiga, kita udah tahu bahwa hidup minimalis itu bisa membuat hidup kita menjadi lebih produktif untuk mencapai needs level 4 (atau bahkan 5). Ini berguna buat lo yang mau bawa hidup lo to the next level.

Setelah ini, gua bakal bahas tentang prinsip gaya hidup minimalis. Are you still with me? Kuy, lanjut yah bacanya!
Apa itu Gaya Hidup Minimalis? Prinsip Dasar Gaya Hidup Minimalis
Gua yakin banyak dari lo yang bertanya-tanya:

“Sebenernya gaya hidup minimalis itu yang kayak gimana sih? Apakah harus punya barang sedikit? Apa harus pake baju yang itu-itu doang? Apa gak boleh pake sosmed? Gimana sih?”

Well, mungkin lo bisa nonton dulu video gua yang ini tentang apa itu gaya hidup minimalis.


Intinya, minimalis itu adalah sebuah alat. Alat yang fungsinya adalah mengurangi excess dan fokus pada hal yang esensial. Prinsipnya dua itu ya.

1. Mengurangi excess. Dengan kata lain, mengurangi hal-hal yang udah kebanyakan dalam hidup kita, tapi sebenernya hal itu gak penting-penting amat. 
2. Fokus pada hal yang esensial. Dengan kata lain, menganalisis dan mendefinisikan apa hal di hidup kita yang sebenernya penting. Lalu fokus ke hal-hal tersebut.

Nah bisa dibilang approach orang itu bisa beda-beda dalam menjalani gaya hidup ini. Tapi yang jelas, lo harus patuh kepada dua hukum itu. Gini, gua bakal jelasin approach orang secara umum terhadap gaya hidup ini

1. Minimalis secara Umum
Gaya hidup minimalis secara umum yang ngetren sekarang sebetulnya memusatkan perhatian pada masalah barang. Hal ini karena Marie Kondo mulai tren dan muncul juga berbagai influencer yang getol mempromosikan gaya hidup ini. Akhirnya kebanyakan orang pun mengikuti arus dan mengadopsi gaya hidup ini. Meskipun mainstream, gua rasa tidak ada yang salah dengan pendekatan minimalis ini. Gua pun melakukannya di tahun 2015.

2. Minimalis versi Radikal
Nah yang ini bisa gua bilang juga sebagai religious minimalism. Karena sebetulnya para minimalis radikal udah gak peduli lagi dengan gaya hidup zaman sekarang, modernisasi dan semacamnya. 

Orang yang menganut minimalis versi radikal adalah orang yang akan lo liat hidup di hutan dengan barang sangat sedikit. Atau orang yang merupakan penganut agama fanatik. Intinya, orang-orang yang pada dasarnya bener-bener melepaskan semua possessions mereka dan hidup jauh dari norma masyarakat. 

Gua pribadi selalu menganggap para minimalis radikal ini keren. Karena mereka bisa kuat melawan dogma yang ada dan content dengan lifestyle yang mereka jalani. Gua selalu bertanya-tanya, "kok bisa ya?".

3. Minimalis versi pragmatis
Kalau ini gua penganutnya. Bisa dibilang minimalis versi pragmatis itu gak terlalu peduli dengan esensi gaya hidup ini secara mengakar. Sama lah kayak Islam Abangan. Ngaku-ngaku minimalis, tapi pada prakteknya gak pure minimalis. 

Tapi ada beberapa prinsip minimalis yang tertanam dalam mindset-nya. Dalam berbelanja, berteman, bermedia sosial. Gaya hidup minimalis betul-betul dijadikan sebagai sebuah alat, yang bisa diganti kapan saja sesuai manfaat praktisnya. 

Contoh orang kaya gini ya orang kayak gua. Gua menganut gaya hidup minimalis bukan karena gua suka gaya hidup minimalis dari “dasar” dan “akar”-nya. Tapi gua hanya memanfaatkan gaya hidup ini untuk manfaat teknis dan praktisnya saja.

4. Minimalis versi kapitalis
Nah kalau ini tipe-tipe Marie Kondo. Orang yang meraup keuntungan dari menyebarkan gaya hidup ini ke orang-orang. Gua juga termasuk di dalamnya. Gua nulis minimalis ini ya biar dapet traffic blog dari lo semua. 

Apakah ini salah? Nggak sih. Cuman gara-gara ada jurnalis Tirto yang komen di berita mereka waktu itu, gua jadi masukin ini deh. HAHAHA.


Begitulah beberapa approach gaya hidup minimalis (menurut gua. Iye gua yang bikin semua term-term di atas). Gak ada yang salah dari semua approach itu. Selama approach yang lo lakukan bisa membuat lo bahagia, ya silahkan menjalani approach tersebut.

Dulu gua pernah baca blog tentang minimalis yang menurut gua keren. Dia bilang gini:

“We don’t get bonus points when we die for owning more stuff than the other guy, nor do we get a trophy for owning less than someone else. We do get to smile on our deathbeds if we enjoyed the hell out of life, however, so that’s what I plan to focus on.”  - Exile Lifestyle

Jadi, gak usah peduliin aturan-aturan yang ada tentang gaya hidup minimalis ini, gak usah peduliin seberapa banyak lo punya barang, gak usah peduliin apa kata orang. Selama hidup yang lo jalani membuat lo bahagia, ya jalani terus hidup lo dengan pendekatan yang emang pas buat lo. Gitu.

Abis bagian ini, gua akan jelasin sedikit tentang sejarah gaya hidup minimalis. Kalo lo gak suka sejarah, lo bisa skip bagian di bawah ini dan langsung scroll aja ke bagian selanjutnya.
Sejarah dari Filosofi Hidup Minimalis
Kalo ngomongin sejarah dari gaya hidup minimalis, sebenernya tren gaya hidup ini baru muncul sejak munculnya revolusi industri dan era konsumerisme. Meskipun memang di berbagai agama, gaya hidup simpel ala minimalis itu udah diajarkan.

Sebelum revolusi industri dan era konsumerisme, term minimalism sendiri tuh gak pernah dianggap sebagai “gaya hidup” yang ngetren kayak sekarang. Orang-orang zaman dulu dan bahkan kita sendiri kalau gak pernah terpapar sama “minimalis-minimalis” kayak ginian, mungkin akan menganggap bahwa minimalis itu ya... tipe rumah. Kalo lo nanya orang tua lo yang gak pernah terpapar dengan “gaya hidup minimalis”, pasti mereka akan mikir gitu.

Dulu mana ada minimalis dikatakan sebagai gaya hidup. Baru sekarang aja ngetren di Indonesia. Hal ini menurut gua sih terjadi karena pengaruh dari Marie Kondo di Netflix sekaligus berbagai influencer (Raditya Dika, Deddy Corbuzier, Fathia Izzati, etc.) yang mulai nyoba dan mempopulerkan dan mengadopsi gaya hidup minimalis ini.

Nah, definisi “minimalism” sebagai gaya hidup ini juga gak akan lo temukan di kamus-kamus. Hal ini karena gaya hidup minimalis itu awalnya emang sama sekali gak berkaitan dengan cara kita menjalani hidup. Tapi justru erat kaitannya dengan musik, seni, desain, dan juga arsitektur (ya, desain rumah kayak yang tadi gua bilang).

Setelah jadi tren di desain (desain minimal yang putih-putih gitu), barulah orang-orang mulai ngerasa:


“Wah anjir, minimalis keren juga ya. Padahal simpel gitu”

Tapi tren ini baru permulaan aja, belum sampe ke gaya hidup. Namun hal yang sudah pasti adalah: Dari sanalah term minimalism mulai berkembang.

Di sisi lain, ada juga revolusi industri nih. Sejak revolusi industri, tentunya kita mulai menikmati banyak kenikmatan. Jelas ya, banyak banget barang yang muncul dengan harga yang super duper murah. Dan ini berkembang terus sampe sekarang.

Dulu barang-barang yang harganya mahal karena butuh kerja manusia, sekarang bisa diotomatisasi oleh robot dengan cara yang jauh lebih efisien. Gelas plastik, tas, sepatu, HP, hampir semua hal yang kita punya sekarang dipengaruhi oleh revolusi industri. Belum lagi ada revolusi online shop juga dan banyak diskon-diskonnya yang membuat kita mengonsumsi buanyak banget barang.

Simpelnya gini, sejak revolusi industri dan perkembangan online shop:

Barang makin banyak dan murah -> Barang makin mudah dibeli -> Kita jadi banyak beli barang.

Dan “banyak beli barang” ini jadi sebuah budaya. Budaya yang bisa kita namakan sebagai budaya konsumerisme, yang nantinya menjurus ke overconsumption. Apa itu overconsumption? Artinya adalah:

Kita beli banyak barang, padahal gak butuh-butuh amat.

Ya, saat ini kita punya budaya baru. Kita membeli barang untuk mempertahankan status sosial. Kita membeli barang untuk merasakan kebahagiaan sementara. Kita membeli barang, padahal kita gak punya duit dan ngutang. Kita membeli barang, padahal cuman dipake sebentar doang dan nantinya gak kita pake.

Hal ini akhirnya menjadi sebuah fenomena yang menarik. Bahkan muncul term gangguan mental dalam Psikologi, yaitu compulsive buying disorder (meskipun udah dihapus klasifikasinya di DSM edisi 5. Kalo lo gak tahu apa itu DSM, intinya itu buku tentang klasifikasi gangguan mental).

Compulsive buying adalah ketika lo membeli sesuatu, tapi yang bikin lo seneng itu bukan “sesuatu” yang lo beli, tapi justru the act of “membeli”-nya. Jadi lo beli barang bukan karena barangnya, tapi karena emang lo suka pas “beli”-nya doang. Dan ini terjadi terus-terusan secara excessive.

Ada juga hoarding disorder, versi ekstrim dari nyimpen banyak banget barang dan gak mau buang barang-barang tersebut.

Ini gambar dari DSM-5 tentang kriteria diagnosis Hoarding Disorder.
Hoarding Disorder
Ini hasil riset compulsive buying jadul (tahun 1994). Emang pusing sih bacanya kalo lo bukan anak Psikologi. Tapi yang jelas, risetnya menunjukkan hasil yang gua tandain kuning di atas. Jadi orang-orang yang punya disorder ini, mereka beli banyak banget barang, tapi akhirnya gak mereka pake. Ini pas masih zaman DSM edisi 3-R (yep, DSM banyak edisinya, pas gua nulis ini, DSM udah nyampe edisi 5).

DISCLAIMER: Di sini gua bilang banyak tentang masalah mental health dan mental disorder. Please setelah baca ini, lo jangan ngelabel orang lain atau diri lo sendiri punya gangguan mental HANYA berdasarkan bacaan lo doang (baik dari artikel ini atau dari DSM). Selalu ingat bahwa orang yang bisa mendiagnosis gangguan mental (disorder) hanyalah Psikolog dan Psikiater. Jadi, jangan self-diagnose diri lo DAN jangan sok tahu dan ngelabel orang. Oke, lanjut ya!

Hal yang menarik dari dampak revolusi industri dan budaya konsumerisme ini adalah bahwa budaya ini mendorong orang-orang dari semua lapisan masyarakat untuk lebih banyak membeli barang.

Hasilnya? Tempat tinggal yang penuh dengan barang-barang yang sebenernya gak kepake DAN sama sekali gak bikin kita bahagia. Gak lupa juga utang atau kartu kredit yang membludak untuk membeli barang-barang tersebut.

Sejak itulah tren minimalism muncul, yaitu untuk menghancurkan budaya konsumerisme yang toxic. Diawali dengan mengurangi barang. Lalu berkembang menjadi gaya hidup dengan tujuan untuk mengurangi excess dalam berbagai bidang kehidupan agar bisa fokus kepada hal yang penting. Seperti kata Tyler Durden di film Fight Club (yang menurut gua keren banget):




Ya, begitulah sejarahnya. Kalau gua rangkum, awal mula term minimalism ada sebenernya berawal dari musik dan desain. Lalu setelah revolusi industri dan internet ada, muncullah budaya konsumerisme yang dianggap memiliki dampak negatif. Ini membuat gaya hidup minimalis ada, untuk mendobrak budaya negatif konsumerisme dengan cara owning less stuff.

Pandangan ini pun berkembang terus sampai sekarang. Sampai akhirnya minimalism ini menjadi gaya hidup yang bisa kita masukkan ke berbagai aspek kehidupan. Minimalism bergerak dengan dua prinsip sederhana: 1) Mengurangi excess, dan 2) fokus ke hal yang penting. Gitu gengs.

Btw, sebelum lo baca lebih lanjut ke bawah, gua mau ngiklan bentar. Kalo lo suka tulisan gua di atas, maka kemungkinan besar lo juga akan suka tulisan-tulisan gua yang lain. Dan lo pasti mau dong untuk baca tulisan gua setelah ini? (Ya lah). Nah, kalo gitu, lo daftar email list gua di bawah ini. Cukup kasih tahu nama panggilan dan email lo dan klik subscribe. Tenang, gua gak akan email kalian lebih dari satu setiap satu bulannya. Bahkan udah tiga bulan gua gak ngirim email. Ya karena gua tahu, orang tuh gak suka dispam. Dan gua pengen experience email list gua itu ya personal dari gua dan gak bikin hidup lo tambah cluttered. Gitu sih udah gua cuman mau nawarin itu doang. Silakan lanjut kalo gak berminat.

Daftar email-list gua, dong. Hehe.

* indicates required


Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis
Minggu Pertama: Evaluasi dan Analisis
Dalam sebulan ini, tujuan yang harus lo inget-inget di kepala lo adalah ini: Lo harus mengubah paradigma lo. Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mengubah paradigma kita yang salah adalah dengan cara mengevaluasi dan menganalisis apa yang salah dalam hidup kita.

Oleh karena itu, di bagian “minggu pertama” ini gua akan ngasih kalian beberapa resources untuk mengevaluasi seberapa minimalis diri kalian saat ini.

Menurut gua, ada dua hal yang harus diperhatikan oleh seorang minimalist. Bukan cuma seberapa sedikit barang kalian aja, tapi juga masalah paradigma. Karena hidup kita di zaman sekarang ini lebih banyak dihabiskan ke hal-hal yang non-materil. Gua bicara tentang internet, media sosial, games, hubungan interpersonal, pertemanan, dan banyak lagi.

Makanya, selain barang, gua pengen nanti kalian mengevaluasi juga hal-hal non-materil dari hidup kalian untuk dievaluasi. Supaya lo bisa tahu apakah ada excess yang bikin kalian gak bahagia di sana atau nggak.

Kira-kira seperti ini list hal yang secara umum harus lo evaluasi:

1. Materil
a.Fashion (ini gua list-nya berdasarkan pakaian cowok ya karena gua gak tahu pakaian cewek)
i.Kaos rumah
ii.Kaos bagus
iii.Kemeja casual
iv.Kemeja semi-formal
v.Kemeja formal
vi.Celana dalam
vii.Boxer
viii.Celana panjang (jeans & formal)

b. Kitchen:
i. Makanan
1. Makanan instan
2. Makanan non-instan
ii. Alat makan 
1. Piring 
2. Garpu
3. Mangkok
iii. Alat masak

c. Barang elektronik
i. Smartphone
ii. Komputer
iii. Kabel colokan
iv. Lampu

d. Buku dan Kertas
i. Buku sekolah/kuliah
ii. Buku non-fiksi
iii. Buku fiksi

e. Personal Hygiene
i. Alat mandi
ii. Alat grooming

f. Furniture
i. Lemari
ii. Kasur
iii. Meja
iv. Kursi

g. Barang-barang lain
i. Rokok elektrik
ii. Foto, dsb.

2. non-Materil
a. Media sosial
i. Facebook
ii. Twitter
iii. Instagram
iv. Quora

b. Hubungan sosial
i. Teman kampus
ii. Teman kantor
iii. Teman SMA
iv. Teman SMP
v. Teman nongkrong
vi. Gebetan/pacar
vii. Orang tua

c. Entertainment
i. TV
ii. Youtube
iii. Netflix
iv. Komik/Manga


Nah, coba lo buat list tentang semua barang-barang lo di file excel di atas. Filenya udah gua sertain contoh list versi gua. Kolom dan barisnya juga bisa lo tambahin kalo lo mau. Sefleksibel itu sih.

Abis itu, seperti yang lo liat di gambar, lo coba kasih skor di jumlah barang itu ada berapa, jumlah idealnya ada berapa (jumlah ideal tuh jumlah yang cukup ya), dan seberapa besar barang itu membawa kebahagiaan/manfaat buat lo.

Seminggu ini, lo ngelakuin ini dulu aja. Gua dulu ngelakuin ini sampe gua muak. Sampe akhirnya gua langsung ngeberesin barang-barang di kamar gua tanpa gua catet. Itulah goals-nya gengs, sampe lo muak lah intinya.

Gua juga ada saran lain: Tolong fokus banget di hal yang non-materil. Kebanyakan orang jarang berfokus di hal-hal macam gini, yang pada akhirnya melakukan hal-hal yang gak membuat mereka bahagia. Seperti pacaran dengan pasangan yang toxic, berteman dengan teman yang gak ngasih manfaat tapi malah ngerugiin, tinggal sama orang tua yang marah-marah terus, dan banyak lagi.
Klik untuk memperbesar
Jadi please, lo harus fokus pas ngerjain itu. Untuk yang bagian non-materil, mungkin list-nya bisa lo variasiin tergantung dari hal yang lo lakukan dan kehidupan sosial lo. Misal dari berapa temen yang lo punya dan di mana aja circle-nya. Kalo lo gak punya temen kerja ya jangan dimasukin. Tapi kalo misalkan lo punya “temen internet”, silakan masukin.

Temen-temen itu juga bisa lo taro namanya. Barulah lo memberi skor, apakah mereka adalah teman ideal lo atau bukan. Dan lo kasih skor juga apakah temen lo itu memberikan lo kebahagiaan/manfaat atau nggak. Bisa lo kasih keterangan juga.

Well, gua harap selama seminggu lo ngelakuin hal ini dulu. Santai aja, gak usah terburu-buru untuk ngebuang barang-barang lo dulu. Kalo ada yang mau lo tanyain, lo bisa update ke media sosial gua. Website gua gak membuka comment section, jadi kalo mau komen, lo bisa komen langsung di Twitter lo, kasih linknya, dan tag gua. Kenapa kayak gitu? Ya biar blog gua dibaca juga sama temen-temen lo yang mungkin punya masalah dan pertanyaan yang sama. Kalo gua buka kolom komentar di sini, ntar yang lain gak ada kesempatan buat baca. Gitu.
Minggu Kedua: Mulai Benahi Barang yang Lo Punya
Nah setelah analisis lo di minggu pertama udah jadi (atau gak jadi karena lo muak menganalisis dan memutuskan untuk membuang semuanya, kayak gua), lo pasti udah bisa mengidentifikasi seberapa minimalis diri lo.

Gimana, udah minimalis belum? Seberapa minimalis diri lo bisa lo identifikasi dari skor yang lo dapatkan. Kalo kebanyakan skornya minus atau 0, berarti lo udah cukup minimalis. Tapi kalo kebanyakan skornya di atas 0, lo harus lanjut nih di minggu kedua.

Di minggu kedua, gua akan memberikan rangkuman cara untuk membenahi barang-barang yang lo punya berdasarkan KonMari methods yang sangat terkenal dan viral itu.

Kalo lo gak tahu KonMari methods itu apa, lo bisa baca dulu di artikel Tirto yang sangat menarik ini, atau lo bisa juga baca di sini. Oke gua tahu lo males buka link yang lain (mungkin), jadi gua akan jelasin juga sedikit tentang KonMari.

KonMari adalah metode yang dibuat oleh Marie Kondo, orang Jepang yang ngajarin orang gimana caranya hidup minimalis. Dia tuh udah jadi konsultan gitu yang ngebantuin orang-orang untuk decluttering. Dengan kata lain, dia ngebantu orang-orang untuk membenahi rumahnya.

Makanya nama serialnya di Netflix yang terkenal tuh judulnya “Tidying Up with Marie Kondo”. Karena ya basically, dia ngajarin lo untuk tidying up. Atau membenahi rumah.

Kenapa gua ngajarin lo buat pake metode dia? Karena sebenernya metode yang dia buat itu praktis sih. Dan setelah gua coba pun lumayan membantu hidup gua, sih. Jadi gua pikir, kenapa nggak dicoba? Hehe (yaaaa meskipun mainstream tapi tetep berguna kok dia).

Anggap aja hal yang gua tulis ini sebagai cheat sheet buat lo untuk memulai membenahi barang-barang lo. Oh ya, inget ya, yang gua tulis di sini adalah guide buat lo. Bukan aturan yang harus lo laksanakan 100%. Lo selalu bisa untuk fleksibel dan menyesuaikan metodenya sesuai dengan yang lo mau. Seperti kata Marie Kondo sendiri.

"Let me share with you the secret of success. Start by discarding. Then organize your space, thoroughly, completely, in one go. If you adopt this approach—the KonMari Method— you’ll never revert to clutter again.

Remember: the KonMari Method I describe in this book is not a mere set of rules on how to sort, organize, and put things away. It is a guide to acquiring the right mindset for creating order and becoming a tidy person." - Marie Kondo



1. Pertama, lo declutter by category
Nah, karena kita udah nyoba untuk mengkategorikan semua barang kita lewat analisis yang udah dilakukan di minggu pertama. Harusnya sekarang lo bisa dengan mudah ngelist dan ngebuang barang-barang yang emang gak lo butuhin.

Inget, lakukan berdasarkan kategori. Kalo Marie Kondo emang mulai dari baju. Tapi kalo menurut gua, terserah lo mau mulai dari mana. Gua pribadi mulai dari dapur, gudang, baru baju. Karena dapur tuh kemungkinan besar adalah sarang declutter. Karena ya pasti kita semua punya banyak piring, gelas, alat masak, dsb. yang kemungkinan besar jarang kita pake.

2. Kedua, setelah declutter by category, bikin subcategory-nya
Again, ini udah kita lakukan sebelumnya. Intinya sih abis dibuang. Lo compile lagi tuh barang-barangnya. Kumpulin di satu tempat dan buat subkategori dan penyimpanan untuk barang-barang tersebut.

3. Ketiga, HANYA simpen barang yang membuat lo bahagia.
Itu kalo kata Marie Kondo. Kalo menurut gua, ada exception untuk hal ini. Misal untuk barang-barang yang gak bakal basi, kayak sampo, sabun, sikat gigi, razor, dsb. Menurut gua mungkin lo bisa mempertimbangkan untuk nyimpen stok lebih. Karena itu akan mempermudah lo ketika sampo lo tiba-tiba abis, atau sabun lo tiba-tiba abis.

Gua nggak minimalis sih untuk barang-barang personal hygiene. Lo bisa lihat foto kotak personal hygiene gua di bawah ini.




Ada alasannya sih kenapa gua naro banyak barang-barang itu, bahkan sabun, pasta gigi, dan sikat gigi hotel tuh gua ambilin dan gua simpen di sana. Karena gak jarang ada temen yang akan nginep di rumah gua. Dan kalo mereka nginep, gua akan langsung ngasih mereka hal-hal yang gua simpen ini. Terutama barang yang sekali pake (sikat gigi, pasta gigi, sampo hotel).

Alasan lain adalah karena gua kadang suka gak merhatiin sisa peralatan mandi gua. Dan sekalinya habis, gak jarang gua suka males beli ke supermarket. Terutama kalo lagi banyak kerjaan. Makanya gua selalu nyimpen stok, dua atau tiga kali dari kebutuhan personal hygiene gua setiap kali gua ada waktu ke supermarket.

Begitulah alasannya. Oke, lanjut!

4. Keempat, organize barang-barang tersebut sesuai dengan kategorinya.
Yap, kalo lo liat foto gua tadi, sebetulnya itu adalah hasil dari KonMari method. Jadi gua tuh nyimpen barang personal hygiene di satu tempat, alat tulis di satu tempat, buku di satu tempat. Intinya sih lo nyimpen barang berdasarkan kategori biar nantinya gak ribet nyari-nyari barang

5. Kelima, digitalisasi semua barang-barang sentimental lo.
Kita beruntung hidup di zaman di mana hampir semua barang dan kenangan itu ada versi digitalnya. Esensi dari digitalisasi ini adalah dengan memindahkan barang sentimental yang lo punya ke cloud. Ada yang pake google drive, dropbox, one drive, banyak lah pilihannya. Intinya, barang-barang sentimental itu bisa lo scan, foto, tulis ulang, copy, dan pada akhirnya bisa lo upload ke cloud. Sesimpel itu. Jadi lo gak perlu tuh nyimpen surat cinta, bunga, dsb. Tinggal lo foto aja dan kenangan itu akan abadi di cloud yang lo punya.

6. Keenam, do it all in one go.
Itu kata Marie Kondo. Kalo kata gua, gak usah. Buat lo yang sibuk, lo bisa lakukan berdasarkan kategori. Sesuaikan aja dengan schedule lo. Misal hari pertama lo declutter kategori fashion dulu. Lalu hari kedua lo bisa declutter bagian elektronik. Di weekend mungkin bisa nyoba untuk ke dapur atau gudang, karena agak ribet dan butuh banyak tenaga. Kalo menurut gua lo bisa atur-atur aja sih sesuai jadwal lo. It’s okay! Gak apa-apa menunda beberapa hari biar kerjaan lo bisa maksimal.
Minggu Ketiga: Bangun Lagi Kehidupan Sosial Lo.
Setelah lo buang kebanyakan barang-barang lo, di minggu ketiga gua pengen lo memperhatikan aspek non-materil. Non-materil di minggu ini akan difokuskan ke kehidupan sosial. Nah, gua pengen ngasih tahu lo bahwa pengaruh terbesar gaya hidup minimalis terhadap hidup gua sebetulnya adalah di bagian kehidupan sosial.

Karena gak peduli seberapa banyak atau sedikit barang lo. Gak peduli seberapa kaya atau miskin lo sekarang. Kehidupan sosial ini akan terus menerus menjadi masalah dalam hidup lo.


Masalah ini adalah masalah yang gua katakan sebagai life problems. Uang gak akan membereskan masalah-maslaah kayak gini, karena masalah ini dialami oleh semua orang gak peduli status sosial-ekonomi mereka ada di tingkat apa. Mau lo kaya atau miskin, bisa jadi lo bermasalah dengan kejombloan lo, toxicnya orang tua lo, atau temen-temen lo yang mungkin lo pikir semuanya fake. Ya, semua orang mengalami ini dan semua orang kebingungan.  

Fyi, sebenernya fenomena ini juga lah yang mendorong gua untuk membuat startup Satu Persen. Ya, startup yang ingin mendisrupsi dunia pendidikan. Karena di sekolah mana ada kita diajarin tentang gaya hidup minimalis? Kita belajar matematika, biologi, kimia, yang kalo udah kerja tuh 90% informasi yang kita dapatkan di sekolah gak akan kita pake. Itu ironis dan menyedihkan sih menurut gua.


Ini salah satu contoh video kenapa kita perlu belajar tentang cinta. Video lainnya bisa lo cek di sini.

Anyway, itu juga alasan gua bikin tulisan ini. Karena ya siapa lagi yang mau ngajarin kalo bukan orang-orang kayak gua. Dikit banget yang nulis serius dan panjang kayak gini tentang minimalis tuh. Dan kalaupun ada, kayaknya jarang banget ada yang kayak gua. Pake “gue elu” gini. Yah begitulah. Jadi, di minggu ketiga ini, kita akan mencoba memulai kehidupan sosial kita. Are you ready? Let’s go!

Ok. Karena di minggu pertama lo udah membuat analisis yang non-materil. Gua asumsikan sekarang lo udah tahu seberapa toxic kehidupan sosial lo. Goals lo adalah mengurangi orang-orang toxic yang ada di hidup lo.

Orang-orang toxic ini bisa jadi ada di mana-mana dan mungkin adalah orang terdekat lo. Bisa jadi orang yang harus lo jauhi atau kurangi intensitas komunikasinya adalah pacar lo, temen lo, sahabat lo, atau bahkan orang tua lo.

Gua harap, lo cukup kuat untuk meninggalkan hubungannya kalo emang hubungan tersebut gak bikin lo bahagia atau membuat lo merasa negatif. Selain itu, gua juga pengen lo inget bahwa banyak banget orang yang ada di fase ini dan gak mau keluar dari hubungan mereka yang toxic. Gua akan sangat mengapresiasi lo kalo lo bisa keluar dari hubungan lo yang toxic, karena emang berat dan mengekang.

Sekarang, hal pertama yang harus lo lakukan adalah ketahui channel komunikasi lo ke orang-orang yang toxic ini. Channel komunikasi adalah tempat atau sesuatu yang membuat lo berhubungan dengan si orang-orang ini.

Misal lo udah identifikasi nih bahwa yang toxic adalah Ibu tiri lo. Berarti kemungkinan besar channel komunikasi terseringnya adalah di rumah. Kalo yang toxic adalah temen lo, bisa jadi channel komunikasinya adalah di media sosial atau di kampus. Tempat-tempat dan sesuatu ini harus lo identifikasi. Biar lo bisa mengurangi frekuensi lo ke tempat tersebut supaya bisa melepaskan diri dari jeratan hubungan toxic.

Biasanya yang menjadi channel komunikasi terbesar dan paling berpengaruh di zaman sekarang adalah Instagram. Gua pribadi menganggap Instagram gua itu penuh dengan orang toxic. Entah karena orang-orang yang gua follow ini ngebahas politik mulu, gosipin orang, atau mereka melakukan sesuatu yang berarti di hidupnya dan posting itu di Instagram yang pada akhirnya bikin gua iri.

Kalo gua iri dan kesel karena postingan mereka, yang salah mereka atau gua? Ya jelas gua dong. Gua yang mengambil keputusan untuk ngefollow mereka. Dan gua juga yang mengambil keputusan untuk ngeliat postingan mereka.

Hal ini sebetulnya udah gua rasain sejak tahun 2016. Makanya waktu itu gua coba nulis artikel pertama gua tentang minimalism (lo bisa baca di sini). Di mana gua mereduksi semua media sosial gua sebanyak 90%. Meskipun emang pada akhirnya gua balikin lagi, karena gua merasa udah punya cara lain untuk menanggulangi ke-toxic-an yang terjadi, dan karena waktu itu juga punya kerjaan jadi Ketua BEM Fakultas Psikologi UI. Jadi gua emang harus update terus di media sosial. Ya, namanya Ketua BEM kudu punya pencitraan bagus dan tahu informasi terupdate seputar kampus. Makanya gua balikin lagi following Instagram gua.

Seperti yang gua bilang tadi, hal yang paling berpengaruh di zaman now adalah media sosial. Jadi mungkin lo bisa start dari medsos. Ini adalah hal yang bisa lo lakukan:
  
1. Cek following dan friends lo di semua media sosial. Lalu declutter!
Gua lebih menyarankan untuk lo unfollow orang yang emang gak lo kenal dan gak ngasih manfaat positif apapun ke hidup lo. Tapi untuk teman terdekat atau teman yang sama-sama ngefollow lo, mungkin lo bisa mute mereka.

Gua sih bisa sampe 90% karena gua sadar, ternyata value yang gua dapet dari medsos itu gak banyak-banyak banget. Dan sejujurnya, malah bikin gua jadi males-malesan, prokrastinasi, dan menjauhkan gua dari tujuan gua saat itu. Mungkin lo bisa lebih besar dari angka itu, atau lebih kecil. Tergantung hal yang menurut lo esensial dan membuat lo bahagia.

2. Cek aplikasi di smartphone dan laptop lo yang gak pernah lo pake. DELETE!
Kalo lo bingung aplikasi apa yang harus didelete, gua ada aturannya. Aturan yang gua pake sederhana, intinya, kalo selama satu bulangua gak pernah pake aplikasinya sama sekali. Ya gua akan delete aplikasi itu. Hal ini sebetulnya memiliki banyak manfaat. Kalau di komputer/laptop, ini akan membuat performa laptop lo jauh lebih mantap. Karena RAM, memori, dan prosesornya gak abis buat aplikasi yang gak penting. Untuk HP? Batre lo bisa lebih tahan lama dan memori lo juga makin lowong. Udah gak ada alasan lagi sih untuk gak uninstall aplikasi yang gak penting.

3. Entertainment, website, atau games yang sering lo lakukan tapi gak bermanfaat. Jangan lakukan lagi.
Gak ada yang salah dengan entertainment, website, games. Asal lo gak merasa bersalah setelah lo melakukannya. Kalo lo menemukan bahwa lo gak bisa berhenti melakukan aktivitas yang lo lakukan dan merasa bersalah setiap kali selesai melakukannya. Berarti ada yang salah dengan aktivitas itu.

Aturan yang gua pake sih itu. Kalo lo merasa kayak gitu. Uninstall aja sumpah. Delete semua file-nya, block website-nya. Pertama-tama mungkin kerasanya kayak gak kuat buat nahan. Tapi kalo lo bisa nahan selama seminggu, dan nembus sampe sebulan. Gua bisa jamin, urge lo untuk melakukan aktivitas yang gak bermanfaat ini akan ilang. Trust me. Dan lo akan punya waktu lebih banyak untuk bisa melakukan aktivitas produktif yang lain.

4. Lakukan hal baik kepada orang yang memberikan value positif ke hidup lo.
Selain mengurangi hal yang negatif, hal yang harus lo lakukan juga adalah meningkatkan yang positif. Setelah lo baca ini, cobalah untuk mulai mengapresiasi orang-orang baik yang ada dalam hidup lo. Orang-orang yang lo take for granted. Mungkin orang itu adalah orang tua lo, pacar lo, temen lo, atau bahkan tukang bakso atau satpam yang ada di komplek lo. Siapapun itu, berterima kasihlah ke mereka. Kasih thank you notes. Kasih mereka makanan, minuman, rokok, atau apapun yang sekiranya akan mereka suka. Kalo gua, biasanya sih gua ngasih surat dan makanan manis. Always works. Hal ini juga akan membuat lo lebih mensyukuri hidup lo (berdasarkan riset ya hehe)
Minggu Keempat: Aim Bigger
Akhirnya lo masuk juga ke minggu keempat. Minggu keempat adalah waktu buat lo untuk coba merefleksi diri tentang tujuan besar yang lo inginkan dalam hidup lo. Lo masih inget gak tentang needs manusia yang gua share di paragraf atas. Kalo minggu pertama dan ketiga adalah untuk mengakomodir needs level 1-3, sekarang gua akan coba mengakomodasi needs level 4 lo.

Oleh karena itu, hal yang harus lo lakukan di minggu keempat adalah mencatat. Apa sih tujuan besar yang ingin lo capai selama lo hidup? Apa achievement yang kira-kira nantinya bisa lo banggakan nanti? Apa hal yang pengen lo wujudkan di dunia ini?

Lo coba bayangin dan catat itu. Catat sebanyak-banyaknya. Bikin sebuah list.

Setelah itu, lo bisa coret semuanya dan pilih 3 hal yang paling pengen lo achieve. Lalu lo bisa coba evaluasi. Apakah diri lo yang sekarang sudah pantas untuk mencapai goals itu atau belum?

Kalo belum, gua sarankan lo baca tulisan gua yang ini: Kenapa Lo Gak Akan Pernah Bisa Mencapai Cita-cita Lo. Kalo udah baca, lo bisa mencoba untuk membenahi diri lo di minggu ini. Ubah diri lo supaya lo bisa mencapai apa yang lo inginkan, dengan prinsip minimalis tentunya ya. Jangan lupa minimalism principle yang udah gua jelasin di atas. Inget, kurangi excess dan fokus ke hal yang esensial. Gua yakin, lo bisa kok.

Well, dengan ini berakhirlah panduan gua untuk hidup minimalis selama sebulan. Gua berharap semoga lo bisa mendapatkan manfaat dari tulisan gua kali ini. Di bawah ini, gua menyediakan resources dan hal yang bisa lo renungkan setelah satu bulan menjalani praktik minimalism ini.
Setelah Satu Bulan (atau berapapun waktu yang lo jalani)
Praktik Stoicism dan Slow Living
Selamat! Selama sebulan lo telah berhasil mempraktekan gaya hidup minimalis. Mungkin di post di atas, gua ngomongin tentang gimana caranya achieve, achieve, dan achieve. Bahkan konsep hidup minimalis yang seharusnya praktiknya adalah “melepaskan” pun berusaha gua latih biar kalian bisa “achieve gaya hidup minimalis tersebut di panduan ini. Ya, achieve, bukan melepaskan.

Di akhir tulisan ini, gua pengen mengingatkan aja ke kalian semua. Bahwa terkadang, kita perlu berusaha melepaskan diri dari jeratan achieve something ini. Sesekali, cobalah lepaskan. Kalau gak bisa achieve, gak usah berusaha lebih keras. Kalau gak bisa jadi minimalis, yaudah. Gak usah dipaksakan. Kalo gak bisa jadi kaya, yaudah. Gak usah dipaksakan.

Inget bahwa hidup lo cuman sebentar. Dan dari hidup yang sebentar ini, banyak hal yang bisa kita syukuri. Enaknya makanan. Masih hadirnya orang tua. Adanya teman. Pelukan pacar. Jangan sampai lo mati rasa dari menikmati hal-hal tersebut karena terlalu sibuk mencoba untuk meng-achieve sesuatu yang jangan-jangan, gak penting-penting amat. Jangan-jangan, mencoba untuk menguasai gaya hidup minimalis ini malah membuat lo semakin jauh dari esensi minimalism itu sendiri. Esensi bahwa mereka adalah alat. Ya, alat untuk membuat lo menjadi bahagia. Kalo lo gak bahagia, please, lepasin aja. Lemesin aja. Gak apa-apa kok.

Semua hal yang terjadi di dunia ini telah direncanakan oleh kekuatan yang jauh lebih besar daripada kita. Entah itu Tuhan, alam semesta, atau the law of universe. Jadi, slow aja. Hidup lo cuman sebentar. Coba nikmati aja dulu. Dan coba pasrahkan aja semuanya pada takdir.

Niscaya, lo akan menemukan kebahagiaan yang selama ini lo cari.

Pesan terakhir di atas adalah anti-tesis dari panduan gua kali ini. Mainly, paragraf-paragraf terakhir ini dibuat berdasarkan dua filosofi yang menurut gua keren. Pertama adalah stoicism, pandangan pasrah kepada takdir. Lalu yang kedua adalah slow living, yaitu seni untuk slow down dan menikmati hidup yang sebentar ini.

Silahkan berseluncur di internet untuk mencari kedua filosofi yang menurut gua keren itu, kalo lo sekiranya merasa overwhelmed dengan panduan gua di atas. Kalo nggak? Lo bisa baca sumber-sumber resources dari gua di bawah ya.

Happy reading!

Resources
http://theminimalist.com/ - Blog ini adalah blog favorit gua. Pertama kali gua memulai prinsip minimalis tuh gara-gara mereka muncul di TED Talks. Blognya keren. Dokumenternya juga keren. Highly recommended!

Stuffocation: Living More With Less by James Wallman - Menurut gua, ini buku yang harus lo baca (kalo emang lo suka baca). Gua belajar banyak tentang filosofi hidup minimalis dari buku ini. Dan yang membuat buku ini lebih menyenangkan adalah karena banyak insight di berbagai bidang. Psikologi, Ekonomi, tentang experience, liburan, dan banyak lagi.

The Year of Less: How I Stopped Shopping, Gave Away My Belongings and Discovered Life is Worth More Than Anyhing You Can Buy in a Store - Ini menarik sih karena menceritakan tentang shopping addict. Banyak insight tentang perduitan di sini. Keren sih.

Netflix: Tidying Up with Marie Kondo - Sebenernya, gua sedikit terganggu karena kayak kurang authentic gitu si serial ini. Tapi menurut gua, newbie pasti bakal dapet banyak banget insight setelah nonton serial ini. Banyak contoh juga. Bagi gua pribadi, episode paling insightful tuh episode yang pertama. Karena menunjukkan gimana rasanya keribetan hidup pas berkeluarga dan seberapa butuhnya kita untuk jadi minimalis pas jadi keluarga (ya meskipun bagi gua pribadi agak lebay dan kurang authentic, tapi berguna kok).

Yep, begitulah resources dari gua, dan akan selalu gua update kalo sempet. Saat gua menulis ini, gua juga berniat untuk baca buku Essentialism: The Disciplined Pursuit of Less. Katanya sih keren. Ya tunggu gua baca ya!
Terima kasih sudah membaca.

Btw, artikel ini berjumlah ribuan kata. Gak nyangka anjir gua bisa nulis sebanyak ini. Kalo lo suka artikel gua, lo bisa subscribe dengan nulisin nama dan email lo di formulir yang ada di bawah ini. Di email list itu, gua bakal bagiin pemikiran gua yang lain, konten lain dari gua yang lebih keren dari ini, dan banyak lagi.

Tenang, gua gak akan spam kok. Biasanya gua ngirim email tuh cuman beberapa kali dalam setahun. Gua juga ngerti, gak semua orang suka dispam emailnya. Apalagi sama bot. Nanti kalian akan dapet email eksklusif dari gua secara langsung. Dan kalian bisa juga unsubscribe kapan aja kalo ngerasa “anjir ini email gak guna”.

Ya, silakan daftar ya! Means a lot to me.

Daftar email-list gua, dong. Hehe.

* indicates required