Gua punya hal jahat yang mungkin belom pernah (atau jarang) lo denger seumur hidup lo. Gak tega sih gua bilangnya, tapi yaudah lah ya. Nih.
 
 "Lo gak akan pernah bisa mencapai cita-cita lo."

Oh iya, ini bukan artikel clickbait yang endingnya nanti ternyata kontradiktif atau pada akhirnya malah jadi artikel motivasi kok. Gua beneran akan ngasih tahu alasan kenapa lo gak akan pernah bisa mencapai cita-cita lo. 

Tapi sebelumnya, gua mau cerita dulu sesuatu ke lo. Gua mau cerita tentang cita-cita gua.

Jadi gini, 2 Februari 2019 lalu adalah waktu di mana gua diwisuda. Ya, gua lulus dari Fakultas Psikologi UI. Gua lulus cepet, lebih cepet satu semester dari waktu lulus biasanya (3,5 tahun. Kalo yang belum tau, waktu lulus normal sarjana biasanya 4 tahun). 

Gua juga lulus dengan IPK lebih dari 3,5, yang berarti gua udah masuk ke jajaran mahasiswa dengan nilai cum laude (meskipun gua gak cumlaude sih karena sempet punya nilai E karena bolos kelas… tapi peduli amat lah yang penting nilainya lebih dari 3,5).

Belum lagi, gua juga jadi Ketua BEM di Fakultas Psikologi UI. Selain itu, bisa dibilang gua juga udah punya banyak pengalaman kerja, karena sempet beberapa kali magang dan freelance selama kuliah.

Tabungan gua pas lulus itu dua digit, dan gua dah dapet fulltime job di sebuah startup yang menurut gua keren (meskipun baru-baru ini di pertengahan Januari, gua memutuskan untuk resign, meskipun baru satu bulan kerja, next post kita bahas kali yah?).

Hal-hal yang gua bilang tadi mungkin adalah pencapaian yang cukup keren bagi sebagian orang. Dan kayaknya emang jarang sih ada mahasiswa kayak gini. Ambis banget sih anjir...

Bagi gua? Hmm. Gak ada yang pernah ngira seorang Evan bakal jadi kayak gini, bahkan diri gua sendiri gak pernah ngira. Sempet loh gua berpikir bahwa ini sebenernya bukan diri gua.

Entahlah, mungkin identity crisis, atau bisa dibilang, quarter-life crisis. Karena ya… semua ‘achievement’ (dalam tanda kutip) yang gua bilang di atas, sama sekali bukan mimpi gua yang dulu. Bukan cita-cita gua sejak dulu.

4 tahun lalu

Gini, gua ceritain. Mungkin kalo lo ngikutin blog gua, lo pernah baca cerita tentang perjuangan gua ngikutin SBMPTN yang sampe viral itu karena emang jadi juara juga di kompetisi blog Zenius. Sekarang? Bisa dibilang, sekarang gua bukan diri gua lagi.

4 tahun lalu, Evan yang dulu mungkin akan capek. Evan yang dulu akan berpikir: “Ngapain sih ikut organisasi, kagak penting anjir, manfaatnya pun dikit. Orang-orang di dalemnya pun oportunis dan munafik”.

Ya, itu yang akan Evan pikirkan. Gua pun yakin 100% bahwa Evan yang dulu akan muak melakukan semua yang Evan sekarang lakukan. Kenapa? Sesimpel karena ya ini bukan diri gua. 

Gua tuh dulu anti-osis, bro (atau sis). Gua juga benci banget sama KRM (KRM adalah singkatan dari Keluarga Remaja Mesjid, ini mungkin disebut DKM di sekolah kalian, atau rohis, atau remaja mesjid)

Apalagi kalo mereka udah ngatur-ngatur kehidupan personal orang lain. Bahkan di sekolah gua, kabarnya (gak tau bener apa nggak ya, dan gak tau sekarang masih atau nggak), katanya mereka melarang orang di sekolah gua pacaran dan melarang calon non-muslim maju sebagai Ketua Osis. WTF? Tapi ya udah lah ya…
Gitulah pokoknya, intinya gua tuh dulu anti-organisasi. Ya mungkin kalo anti rohis sampe sekarang kali ya, heheheheh. Tapi sekarang gua udah gak punya prasangka negatif ke mereka kecuali kalo mereka emang beneran ngeganggu kehidupan personal orang lain.

Anyway, lanjut lagi ke cerita intinya. Terus sekarang gimana? Eh ternyata malah kebalik. Orang yang dulunya paling anti sama organisasi, malah jadi orang yang paling mempromosikan organisasi, bahkan gua maju jadi Ketua BEM, dan tidak diduga-duga, ternyata menang, dan BENERAN JADI KETUA. Fiuh.


Ini gua menjabat tangan Wakil Dekan Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan saat serah terima jabatan Januari 2018 lalu. Seneng banget ya kelihatannya.
Bahkan BEM yang gua pimpin di tahun 2018 digadang-gadang oleh banyak orang, khususnya oleh calon ketua-ketua yang baru (yang fotonya bisa lu liat di bawah) sebagai BEM dengan kinerja dan inovasi terbaik dibandingkan 3 tahun lalu. Jadi, BEM yang dipimpin sama gua di tahun 2018 adalah BEM terbaik (menurut mereka) dibandingkan BEM tahun 2016-2017. 


Evan yang sekarang bukanlah Evan yang dulu.

People change, EVERY TIME. Gua juga berubah. Gua bukan lagi sekuler radikal kayak tulisan gua dulu tentang “Kenapa Agama Bikin Indonesia Gak Maju-maju” yang sempet viral. Gua bukan gamers dan pemain DotA juga, gak kayak dulu. Gua juga bukan produser musik elektronik kayak yang dulu gua lakukan (btw, kalo lo belom tau, ini sonklod gua. Heck I've even made more than 100 track di tahun 2014-2015. Sekarang, aplikasinya DJ aja udah gua uninstall semua... huhu:( ). 
 
Ya, Evan yang dulu bukanlah Evan yang sekarang.

Sekarang? Ya beginilah gua. Ada juga sih hal dari gua yang gak berubah. Misal, sampe sekarang gua tetep jadi penulis blog sih. Meskipun gak sesering dulu uploadnya (emang gak pernah sering sih btw Van! Ya, sedikit funfact -> Artikel blog gua ini jumlahnya gak lebih dari 30 selama gua ngeblog 4 tahun ini, oke lanjut).

Ya, intinya, poin yang mau gua sampaikan ke lo adalah bahwa: Gua berubah. Jadi, kenapa sih gua bisa achieve hal yang gua bilang barusan? Nih gua tekankan lagi. Simply karena gua berubah. Dan yang mau gua katakan ke lo adalah ini: Fakta bahwa lo gak bakal mencapai cita-cita lo adalah karena lo gak mau berubah. Lo gak mau jadi diri lo yang lain. Sesimpel itu logikanya.

Sadar gak sih, dari tadi gua menceritakan transformasi diri gua tuh biar lo sadar. Kalo lo mau mencapai sesuatu, ya diri lo harus pantes jadi sesuatu itu. Dan lo juga harus realistis. Lo harus rela membuang identitas lo yang dulu. Mengorbankan teman-teman nongkrong lo yang dulu. Membakar dan membuang barang-barang yang lo punya dulu. Dan meludahi kebiasan-kebiasaan buruk yang sering lo.lakukan dulu. 

Mana ada Evan yang lulus 3,5 tahun, IPK lebih dari 3,5, Ketua BEM juga, tapi punya kebiasan kayak dulu. Entah itu sering ngerokok lah, mabok, clubbing, pulang malem tiap hari karena nongkrong, main DotA tiap hari. 

Ya kagak lah anjir. Mana bisa, realistis aja. 


Gua jadi gua yang sekarang ya karena gua udah pantes jadi diri gua yang sekarang. Gua jadi kayak gini ya karena emang gua kayak gini. Gua yang dulu jadi kayak gitu ya karena dulu gua kayak gitu.

Contoh lainnya gini:
 
Lo tau gak sih cerita Aburizal Bakrie, pemimpin golkar. Dia tuh sempet jatuh miskin di tengah kekayaannya karena perusahaannya dipake buat bayar utang karena krisis ekonomi, tapi dalam waktu singkat, dia mengembalikan lagi kekayaaannya dan jadi miliarder lagi? Bahkan jadi orang terkaya di Indonesia dan Asia Tenggara? Kaget? Bentar dulu.

Lo tau gak sih cerita Steve Jobs yang dipecat dari Apple (perusahaan yang dia buat sendiri), eh terus beberapa tahun lagi, dia malah bikin perusahaan baru (yang world class juga), dan pada akhirnya jadi CEO Apple lagi? Kaget? Jangan dulu, ada contoh lain.

Lo tau juga gak cerita orang-orang yang dapet lotre, tapi terus 1-3 tahun kemudian mereka jadi miskin (lagi)?
Menang jutaan dollar, akhirnya semua uangnya malah abis.
Kaget? Bentar, beberapa contoh lagi ya.

Tau juga gak orang yang nyoba untuk diet atau pengen punya kebiasaan olahraga, dan mereka melakukan itu selama 1 bulan, eh terus mereka balik lagi ke bentuk asal/kebiasaan asalnya? Kaget? Mungkin itu lo kali ya (no offense, gua juga pernah di fase ini;()

Atau cewek yang punya pacar yang toxic, di-abuse sama pacarnya, terus putus sama pacarnya. Eh pada akhirnya ternyata akan balik lagi ke cowok lain, yang sama brengseknya juga. Why is this happening? Well, gua baru tau kenapa hal-hal kayak gini terjadi. Menurut gua, gini penjelasannya:
 
Intinya. Kalo diri lo goblok, ya lo akan jadi orang goblok. Kalo diri lo miskin, ya lo akan jadi miskin. Gak peduli nanti lo mau dapet lotre sebesar apapun.


Kalo lo adalah orang kaya, kayak si Aburizal Bakrie, ya lo akan semudah itu jadi orang kaya meskipun lo jatuh miskin. Kalo lo orangnya toxic, ya lo akan ketemu pasangan yang sama-sama toxic juga.

If you are rich, you deserve to be rich, and if you are poor, you deserve to be poor.
Dan gua baru sadar tentang hal ini baru sekarang-sekarang ini. 

Lo gak bisa berharap jadi sukses kalo diri lo masih diri lo yang sekarang. Kalo paradigma yang lo punya masih paradigma diri lo yang sekarang. Kalo kebiasan yang lo lakukan masih sama kayak diri lo yang sekarang. Lo harus rela membuang diri lo yang sekarang dan membentuk diri lo yang baru.

Sama kayak pas Gandalf abu-abu bertransformasi jadi Gandalf putih. Atau sama kayak pas si Anakin Skywalker bertransformasi jadi Darth Vader (Alex Becker, 2019) 

“Oke, gua sadar gua goblok Van, dan gua gak akan bisa mencapai cita-cita gua dengan diri gua yang sekarang. Terus gua harus gimana?”

Gini, dalam hidup, ahli-ahli psikologi perkembangan tuh bilang kalo kita pasti akan mengalami krisis. Krisis adalah momen penting di hidup lo di mana lo harus bikin pilihan tertentu yang akan menentukan kepribadian lo atau jalan hidup lo ke depannya (ini definisi gua).

Krisis ini didefinisikan secara berbeda oleh para ahli di bidang psikologi lerkembangan. Tapi meskipun beda-beda pendefinisiannya dan ciri-ciri krisisnya. Inti dari teori mereka semua itu sama, yaitu: 


Seiring dengan perkembangan diri lo, lo akan mengalami krisis. 
Dan cara lo menghadapi krisis itu akan membentuk diri lo.


Ini foto Erik Erikson
Salah satu ahli psikologi perkembangan dan psikologi kepribadian, Erik Erikson, bilang kalo krisis itu dimulai dari kecil sampe kita tua nanti. Jadi dari kecil, akan ada stage-stage kehidupan, di mana kita bisa ada di daerah yang kiri/kanan, dan yang paling tepat, kalo kata si Erikson, ya bisa balance saat melewati krisis itu.


Ini teori Psiko-Sosial Stage-nya Erik Erikson, mulai dari trust vs. mistrust, ini pas kita bayi ampe balita (kalo gak salah) sampe akhirnya nanti kita ada di fase generativity vs. stagnation, yaitu pas kita udah tua.

Ada juga ahli lain, namanya James Marcia, yang bilang kalo krisis itu ada 4 outcome yang bisa keluar pas kita ngelewatin krisis ini. Entah itu diffusion (ketika gak mengalami krisis dan gak punya identitas) forecloseure (ketika identitas udah ada tapi gak mengalami krisis), moratorium (ketika mengalami krisis, tapi gak punya identitas untuk bisa ngelewatin), atau identity achievement (ketika mengalami krisis, dan melewatinya dengan keren karena dah punya identitas).

Kalo menurut gua (gua emang bukan ahli Psikologi Perkembangan sih, tapi peduli amat lah ya, namanya juga nulis di blog, kalo lu mau kritik dan diskusi sabi komen di bawah), menurut gua progress hidup tuh kaya gini.


Nah, lo pas dalam hidup akan mengalami krisis-krisis itu. Gua kalo disuruh draw my life akan menggambarkan krisis gua kayak gini. Dan ini bisa naik turun.

Kalo menurut gua, orang-orang hebat yang lo liat sekarang hidupnya sukses dan enak tuh sebenernya udah mengalami banyak krisis dan melaluinya dengan keren, SECARA TERUS-MENERUS. Kayak gambar ini.


Kurva krisis orang sukses. Ya, naek terus.
Yap, beda dengan pemain lotre yang jatuh miskin yang tadi gua ceritain, si orang-orang hebat ini udah ditempa dengan banyak cobaan, banyak jatuh bangun, ditempa juga dengan banyak pembelajaran, dan pada akhirnya bisa jadi sukses kayak sekarang. Dan kurva mereka tuh NAIK TERUS ke atas. Lihat Steve Jobs? Aburizal Bakrie? (btw gua ngomongin nih orang mulu ntar pasti orang ngira gua kader golkar wkwk). Elon Musk?

Saran gua buat lo, kalo lo ngerasa pernah mengalami krisis dan melaluinya dengan jelek. ATAU bahkan lo ngerasa gak pernah mengalami krisis, jangan harap lo hisa jadi orang hebat. Ngimpi lu. Makannya gua bilang ke lo di paragraf pertama. Lo gak akan pernah bisa mencapai cita-cita lo. 

Apalagi ya, apalagi kalo kerjaan lo tuh cuman buka Instagram doang. Jalan-jalan doang. Galauin dan mikirin hal-hal gak penting. Gak pernah punya karya. Udah itu prokrastinasi lagi kalo ngerjain tugas, hadeuh.

Ya gak ada yang salah sih dengan ini sebenernya. Yang salah adalah ketika lo punya cita-cita jadi apa gitu misalnya, tapi kelakuan lo gak kayak yang lo cita-citakan itu.

Kalo cita-cita lo adalah jadi kaya, ya jadilah orang yang “kaya”. Kalo cita-cita lo adalah jadi presiden, ya jadilah seorang “presiden”. Kalo cita-cita lo adalah jadi Ketua BEM, ya jadilah “Ketua BEM”. Dan seterusnya, dan seterusnya.

Maksud gua adalah: Jangan harap lo bisa mencapai cita-cita lo, kalo lo masih jadi diri lo yang sekarang. Yang beda JAUH BANGET sama diri lo yang ideal, sama diri lo yang lo pengenin. Itu gak realistis sih, dan toxic.

Lu bakal capek. Kalo kata Mark Manson ya self-discipline lo itu salah caranya. Kalo mau punya badan bagus nih, ya jadilah orang dengan “badan bagus”. Dan itu gak bisa lo lakuin dengan lo ngegym doang. Lo harus mengubah diri lo dari paradigma dasarnya. Dari akarnya. Dari mindset (paradigma) lo.
 
Karena ya kalo lo cuman ngegym doang, trust me, dalam sebulan (atau kurang), lo akan balik lagi ke diri lo yang sekarang. Lo akan capek dengan self-discipline yang lo lakukan. Karena ya lo munafik. Lo bukanlah diri lo ketika melakukan hal-hal itu.  
Lagi-lagi, gua taro lagi ya quotes gua di bawah ini: 


Lo gak bisa berharap jadi sukses kalo diri lo masih diri lo yang sekarang. Kalo paradigma yang lo punya masih paradigma diri lo yang sekarang. Kalo kebiasan yang lo lakukan masih sama kayak diri lo yang sekarang. 

Lo harus rela membuang diri lo yang sekarang dan membentuk diri lo yang baru.


Sama kayak pas Gandalf abu-abu bertransformasi jadi Gandalf putih. Atau sama kayak pas si Anakin Skywalker bertransformasi jadi Darth Vader (Becker, 2019)

Kuncinya adalah gini: Lo liat kebiasan orang-orang yang lo cita-citakan (mungkin yang sukses dan kaya), apa sih yg mereka lakukan? Isi otak mereka kayak gimana sih? Paradigma yang mereka punya tuh kayak gimana sih?


Akankah orang-orang kaya dan sukses ini melakukan hal-hal yang lo lakukan sekarang saat mereka masih muda?
Dan lo liat juga kebiasan orang-orang yang bertolak belakang dan berlawanan dengan yang lo cita-citakan (misal orang miskin dan goblok), apa sih yang mereka lakukan yang bikin mereka jadi goblok? Isi otak mereka kayak gimana sih? Paradigma diri mereka tuh kayak gimana sih? Kalo lo udah bisa analisis itu dan tau, ya jangan lakukan. 


Oh iya, gua juga mau mengingatkan bahwa: Lo punya privilege.

Ini juga nih yang perlu lo tau. Bahwa lo punya privilege. Dengan lo bisa baca tulisan gua sekarang, gua asumsikan berarti lo punya privilege yang jauh banget dibandingkan kebanyakan orang-orang di sekitar lo. 

Dari sini, kemungkinan besar lo tiap hari bisa makan enak di rumah lo. Lo juga gua asumsikan punya koneksi internet kenceng yang bisa lo pake. Dan mungkin lo juga udah punya tujuan dan cita-cita yang mau lo capai. Ya seenggaknya gak goblok-goblok banget lah.



Yang mau gua ingetin ya gini: Orang goblok, mau dikasih privilege kayak gimanapun, akan tetep jadi goblok pada waktunya. Inget aja pemain lotre yang langsung jatoh miskin setelah dapet jutaan dollar.

Dan we’re on the same page, kalo lo sedang baca ini. Mungkin lo merasa sedang gua tampar bolak-balik sekarang. Tapi ya sebenernya, dengan gua nulis tulisan ini, gua juga sebenernya sedang menampar diri gua sendiri, karena ya banyak orang yang bilang gua udah achieve sesuatu sekarang, dan itu bikin gua jadi terlalu nyaman dan sombong. Padahal, hal ini, yang udah gua “achieve”, sama sekali bukan cita-cita atau tujuan gua sejak dulu. Sedihnya adalah fakta bahwa gua juga masih goblok. Diri gua masih jauh dari diri gua yang gua cita-citakan.

Heck, gua punya banyak banget hal yang pengen gua wujudkan dan ciptakan. Tapi lo juga harus sadar akan hal ini: It’s not okay to be goblok.

Yes, it is not okay. Be aware at all times. Karena dengan lo sadar bahwa lo goblok, lo akan bisa mengubah diri lo. Dengan sadar penyakitnya apa yang sedang lo alami sekarang, ya lo akan bisa menemukan obatnya. Tapi gak apa-apa, perlahan-lahan aja keluar dari jurang kegoblogan ini.

Dan kalo sampe ada motivator nih, yang gua rasa udah hits dari dulu. Yang bilang untuk:

"Jangan pernah menyerah mengejar mimpi".

"Positive thinking".

Dan bullshit-bullshit + janji manis + omong kosong lainnya.

Gua cuman mau bilang bahwa mereka sedang menipu lo. Mereka tuh cuman pengen lo tetep ada di fase krisis yang sekarang. Biar lo gak naek-naek ke fase krisis yang lebih tinggi. Karena dengan lo GAK sadar bahwa diri lo goblok, dan bermimpi terus. Duit si motivator ini akan makin banyak.

Tapi lo gimana? Ya bakal tetep goblok dan miskin, even if you’re privileged. Dan duit lu ya akan diambil sama si motivator ini yang caranya jelas-jelas gak tepat (dan gak akan menolong lo).

Oke, gitu aja sih. Akhir kata, opini gua ya itu. Bakal ada banyak orang yang punya mimpi dan cita-cita, dan bakal banyak banget orang yang gak akan mencapai cita-citanya. Mungkin orang itu adalah lo dan gua. Solusinya? Ya karena kita gak bisa mencapai cita-cita kita, ya jangan jadi diri kita dong?

Yah, begitulah.

Terima kasih sudah membaca.
Ifandi Khainur Rahim
Jangan lupa subscribe youtube channel gua dan join email list-nya.